Fauna Unik yang Tinggal Khusus di Hutan Amazon

Hutan Amazon adalah salah satu hutan terbesar di duna dengan luas kurang lebih 7 juta meter persegi. Tentunya dengan lahan seluas itu, sebagian besar belum terjamah oleh manusia. Sekelompok peneliti masih terus meneliti sebagian flora dan fauna unik yang berada di dalam hutan Amazon. Hutan tersebut yang memiliki beberapa bagian rawa-rawa, sungai dengan suhu iklim tropis tentu menjadi surga bagi flora dan fauna.

World Wildlife Fund telah mencatat sekitar 40.000 jenis tanaman, 5000 jenis hewan termasuk ikan, reptil, unggas, hewan amfibi, dan mamalia. Namun WWF memprediksi terdapat lebih dari 50 ribu jenis tanaman dan hewan yang belum ditemukan jenis dan kategorinya. Berikut beberapa daftar fauna unik yang tinggal di hutan Amazon.

Piranha

Semua orang tahu piranha, maka pasti akan teringat oleh hutan Amazon. Ikan dengan gigi tajam adalah salah satu jenis ikan karnivora. Piranha memiliki sekitar 50 jenis spesies, 25 jenis spesies berada di sungai Amazon. Ukuran ikan ini sekitar 10-50 cm namun ukuran tersebut dapat melukai manusia hingga berujung fatal.

Katak Panah

Terdapat 130 jenis katak panah beracun namun hanya 3 yang telah diuji memiliki racun yang mematikan. Katak panah beracun tinggal dan berkembang biak di hutan Amazon dapat melemparkan panah kecil beracun, memiliki warna tubuh terang namun bervariasi seperti biru, kuning, oranye dan ukuran diameter tubuh sekitar 2-7 cm.

Anakonda Hijau

Ular terbesar, terkuat dan terberat di kelasnya. Salah satu spesies unik di Amazon, ular anakonda hijau memiliki panjang tubuh 5 meter lebih dengan berat 70 kg lebih. Ular ini dapat berenang dan mencari mangsa di permukaan serta membutuhkan sekitar 15 kg daging segar untuk bertahan hidup.

Semut Peluru

Semut ini memiliki ukuran yang cukup besar dibanding semut-semut yang lain. Disebut sebagai semut peluru karena memiliki racun yang sangat menyakitkan seperti ditembak oleh senapan api sehingga semut tersebut disebut sebagai semut peluru.

Serangga tongkat

Disebut juga sebagai Phasmatodea, ialah serangga sejenis belalang namun memiliki tubuh yang ramping seperti ranting pohon. Hidup di sekitar pepohan, serangga ini dapat menyamarkan warna tubuhnya terhadap lingkungan sekitar.

Lumba-Lumba Pink

Salah satu lumba-lumba yang hidup di air tawar ialah lumba-lumba pink. Jangan terkecoh dengan namanya, tubuh lumba-lumba ini tidak sepenuhnya berwarna merah muda namun hanya sebagian. Memiliki bentuk mulut yang lebih ramping dan tajam daripada lumba-lumba laut, namun ia juga termasuk mamalia air yang memiliki kemampuan sama dengan lumba-lumba laut.

Burung Macaw

Burung ini dikategorikan sebagai burung kakak tua, memiliki corak warna tubuh yang cerah dengan motif berbeda-beda. Burung ini juga memiliki keunikan mengkonsumsi tanah liat sehingga anda dapat menemui di sebagian gundukan tanah liat yang berada di tebing bukit amazon. Burung ini juga menkonsumsi kacang-kacangan atau buah-buahan.